3.1.09

Modul #8



MODEL AFFILIATE MARKETING II



Pay-Per-Lead Affiliate Marketing


Dalam model ini, anda mendapatkan komisi dengan mengarahkan calon pembeli, anda langsung mereferensikan suatum produk ke orang-orang dengan melalui informasi produk.

Mari saya jelaskan dengan beberapa contoh berikut:

Tipe-tipe umum penawaran pay per lead :
  • Mereferensikan calon pembeli ke perusahaan pegadaian (mortgage refinance) dengan mengisi formulir untuk mendapatkan informasi pra-kualifikasi tentang pinjaman potensial.
  • Mereferensikan calon pembeli ke perusahaan kesehatan dengan menawarkan contoh vitamin gratis sebagai ganti mengisi formulir kontak.
  • Mereferensikan produk atau jasa ke calon pembeli sebagai uji coba.
Sekarang anda mengerti bahwa calon pembeli tidak menghasilkan suatu pembelian dalam beberapa kasus ini, sebagai gantinya dia mendapatkan "freebies" atau pendatang baru. Freebies itu bisa menjadi contoh suatu produk, permohonan informasi saja atau uji coba. Dalam beberapa hal, anda dibayar karena mengarahkan calon pembeli itu.

Namun, anda juga harus berhati-hati dalam memilih jenis program pay-per-lead yang akan anda promosikan, selalu meyakinkan bahwa merchant anda mengumpulkan informasi petunjuk dengan cara yang etis dan santun.

Ini artinya bahwa calon pembeli anda sebaiknya tidak membutuhkan banyak langkah untuk memperoleh apa yang dia inginkan. Melengkapi formulir yang sederhana adalah suatu keharusan. Semakin baik penawaran itu dan semakin mudah mereka akan melengkapi, semakin banyak anda akan membangun reputasi kualitas dan untuk melindungi privasi calon pembeli.

Membuat Mini Website

Anda akan memiliki banyak waktu luang untuk mempromosikan program pay-per-lead karena bersifat imperatif terhadap pra penjualan, artinya anda bisa mempromosikan program-program anda melalui "metode sederhana" seperti: link langsung ke merchant via Adwords, Blog, Iklan Baris, dan juga menggunakan banyak metode pengumpulan dan menerbitkan sebuah newsletter atau e-zine.

Dalam beberapa kasus, banyak pekerjaan anda akan terfokus pada mengarahkan sebanyak mungkin traffic melalui link karena selama merchant itu menjalankan program pay-per-lead. Beberapa merchant menjalankannya sepanjang waktu, sementara yang lain hanya untuk penawaran khusus dalam waktu terbatas.

Kunci utamanya disini adalah mengetahui seberapa baik untuk memposisikan penawaran itu. Sedangkan sebagai suatu produk tradisional akan menawarkan anda cukup peluang untuk mengarahkan isi follow-up seperti laporan khusus, e-course dan sejenisnya, penawaranpay-per-lead tidak hanya cocok terhadap "level of detail". Pada inti masalah bahwa taktik pra-penjualan yang anda perlu gunakan akan menjadi "opportunity-focused" (difokuskan pada peluang) selain "benefit-focused" (difokuskan pada keuntungan). OK, jadi apa yang saya akan lakukan ?

Salah Satu Pendekatan Yang Paling Umum
Marketing Pay-Per-Lead

Adalah Website "Freebies" atau Newsletter Freebies"

Ini adalah pendekatan "scatter-shot" yang boleh anda promosikan untuk program yang tak ada hubungan dibawah samaran semacam "freebies clearinghouse". Untuk membatasi hal-hal ke level bawah, anda ciptakan website atau newsletter sekitar tema; seperti "10 Freebies Top Per Bulan" atau "Uji Coba Gratis Internet Terbaik". Kemudian anda pilih beberapa katagori untuk fokus pada sesuatu seperti kesehatan, komputer dan keuangan - lalu buat website atau newsletter sekitar permasalahan itu. Disini anda akan memberikan jasa sebagai seorang publisher informasi.

Sekarang, jika anda ingin membatasi satu niche market saja, anda harus memilihn program pay-per-lead yang bayarannya tinggi. Artinya anda memandang sebagai jasa profesional seperti: keuangan, pengacara, asuransi, dan sejenisnya.

Anda sediakan ruang ruang untuk mempublikasikan konten niche itu. Tentunya, anda disini harus membangun atau membuat website atau newsletter yang terfokus pada konten dan konsentrasikan usaha anda pada penerbitan artikel yang bersifat pendidikan, misalnya anda ingin mempromosikan program pay-per-lead asuransi jiwa.

Jenis konten apa yang anda harus perlukan ?
  • Artikel tentang memilih kebijakan asuransi jiwa, perencanaan rumah, review macam-macam penyedia asuransi.
  • Wawancara orang-orang ahli di bidang itu.
  • Memberi quiz yang membantu orang-orang menentukan keseluruhan kesehatannya dan harapan hidupnya.
  • Alat-alat yang berguna - mungkin "life insurance calculator" yang bisa membantu orang merencanakan tahap demi tahap untuk melihat berapa besar yang mereka akan keluarkan untuk kebijakan $1 juta x jumlah tahun bersama perusahaan A versus perusahaajn B.

Sekarang untuk menghasilkan uang ini, anda perlu memasang link affiliate anda sebanyak mungkin website dan newsletter, misalnya: pada akhir tiap-tiap artikel anda pasang iklan teks hyperlink yang menyebutkan "Butuh Asuransi Jiwa ? Dapatkan info Gratis dalam waktu 5 menit ". Anda juga memanfaatkan iklan banner yang anda pasang pada posisi yang bagus di website.