20.1.09

Modul #15


MERANCANG WEBSITE TERAKSES LEWAT INTERNET

Untuk membuat website anda terpasang di internet, anda membutuhkan empat hal :
  1. Nama Domain, sebagai alamt toko
  2. Account Webhosting, sebagi ruang sewa toko
  3. Software HTML Editing, sebagai alat perlengkapan toko.
  4. Software FTP, sebagi alat kirim perlengkapan ke toko.
Setelah anda memiliki ke-4 hal di atas, kita akan gunakan software HTML editing untuk merancang layout website anda.

Lalu kita membutuhkan software FTP untuk mengupload file-file HTML website tersebut ke account webhosting. Setelah file HTML anda terupload, kita akses domain (alamat toko) dengan mengetik nama domain, misalnya: www.tutorialbisnis.com, selanjutnya kita akan melihat website anda sudah terpasang di internet.

Menentukan Nama Domain

Berikut beb erapa point yang berkaitan dengan pemilihan domain:
  • Jika anda memilih nama domain baru, pastikan belum ada orang yang memilikinya. Anda bisa memeriksa apakah domain tersebut sudah jadi milik orang/perusahaan dengan menggunakan jasa di website ini. Klik>> www.truewhois.com
  • Selain itu, sebisa mungkin anda memilih nama domain yang berkaitan dengan produk anda.
Gunakan domain yang berakhiran .com bila anda untuk berbisnis, contoh lain akhiran domain antara lain: .net .info .org .co.id .biz. Domain akhiran .com memiliki brand 80% lebih baik dari pada domain akhiran lainnya.

Berikut ini tempat untuk membeli nama domain secara murah dan terpercaya di situs Indonesia.
Klik >> Apenta WebHosting

Account Web Hosting

Agar website anda bisa diakses, anda perlu menyimpan pada sebuah komputer/server yang bekerja 24 jam sehari dan ini disebut Web Hosting. Perusahaan jasa web hosting murah di Indonesia dan sudah berpengalaman dan terpercaya.
Silahkan anda bisa klik >> Apenta WebHosting

Seringkali, pembelian domain merupakan satu paket dengan penggunaan service web hosting. Artinya, jika anda membeli satu paket web host, anda juga akan memperoleh satu domain Gratis !

Software HTML Editing

Sotfware yang paling banyak digunakan untuk merancang website adalah FrontPage/Dreamweaver/NotePad, karena software ini memberikan kemudahan yang luar biasa. Anda tidak membutuhkan pengetahuan tentang kode HTML yang kompleks.

Tips sederhana untuk membuat web yang menarik dengan cepat :
  • Jelajahi internet, carilah satu halaman web yang sederhana namun menarik.
  • Save halaman tersebut (File >> Save As)
  • Lalu aktifkan software FrontPage/Dreamweaver/NotePad, biasanya sudah terinstall di komputer anda.
  • Buka halaman web yang tadi sudah disimpan.
Anda akan melihat FrontPage/Dreamweaver/NotePad, bagaimana halaman web tersebut dirancang. Berlatihlah mengubah hurufnya, warnanya, tabelnya, dan sebagainya. Anda akan cepat belajar dengan cara ini.

Software FTP

Setelah anda memiliki file-file halaman web yang sudah terhubung satu sama lain, sekarang saatnya anda memasangnyadi web hosting. Anda membuthkan software khusus untuk melakukan proses upload atau download ke server, namanya software FTP (File Transfer Protokol), anda bisa mendowloadnya disini.
Silahkan anda klik >> www.CoreFTP.com

Software FTP adalah alat khusus yang memungkinkan anda memindahkan file dari komputer dan meletakkannya ke dalam web. Cara di FTP sama persis dengan cara transfer di windows explorer.

Jika proses transfer anda telah sempurna, silahkan coba akses web anda. Ketikkna www.domainanda.com di web browser, dan lihatlah.... sekarang bisnin anda sudah ONLINE !