14.1.09

Modul #17



TIPS DAN TRIK BERPROMOSI ONLINE


#) SEARCH ENGINE
Saat seseorang mengakses internet dan sedang mencari informasi, ia pasti akan memulainya dari Search Engine. Penelitian menunjukkkan bahwa 80 persen Netter mengetahui dan mengunjungi situs situs web baru atau yang belum pernah di kunjunginya melalui informasi dan link yang di dapatnya di Search Engine. Karena itu sangatlah penting untuk para webmaster dan internet marketer untuk mendaftarkan situsnya di search Engine agar dapat di index saat terjadi pencarian di search Engine tersebut.Saat ini ada lebih dari puluhan ribu Search Engine tersedia di internet. Meski begitu anda tidak perlu mendaftarkan situs anda di semua Search Engine yang ada. Fakta membuktikan bahwa hampir 95% Netter hanya menggunakan beberapa Search Engine internasional yang populer saat melakukan pencarian. Jadi ribuan search Engine yang lain hanya di akses oleh sisanya yang 5 %. Biasanya merupakan Search Engine Lokal dan bukan search engine internasional. Karena itu cukup fokuskan untuk mendaftarkan situs anda di beberapa Search engine internasional yang populer saja. Namun begitu tidak ada salahnya jika anda mendaftarkan situs anda di semua search engine yang ada.Adalah sangat penting bahkan wajib untuk mendaftarkan situs anda di Search Engine besar dan populer berikut.











Jika situs anda merupakan situs yang di tujukan untuk pengguna internet di Indonesia maka daftarkan juga situs anda di beberapa search engine nasional berikut ini.










#) IKLAN BARIS

Memanfaatkan situs-situs iklan baris gratis untuk berpromosi merupakan salah satu cara promosi yang populer. Jika anda ingin memasang iklan di situs-situs iklan baris, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar iklan anda efektif dan menghasilkan.
Hal yang harus anda perhatikan adalah, 1) pilih situs iklan baris yang banyak pengunjungnya. 2) pilih kategori yang paling tepat mengenai iklan anda. 3) Buatlah judul yang menarik dan bisa membuat penggunjung situs tersebut tertarik untuk membaca iklan anda.
Berikut beberapa di antara situs-siyus yang menyediakan layanan iklan baris gratis yang ada di Indonesia yang memiliki jumlah pengunjung cukup besar dan populer :
www.iklanbaris.co.id
www.indoiklan.com
www.iklanmini.co.id
www.iklanbaris.com
www.iklaniklan.com
www.promo-web.cjb.net
www.iklanpojok.com
www.bursaneka.com


Classified Advertising Sites Internasional :

AdlandPro - Submit to 6000+ Classifieds with one post

My Money Machine - Submit to over 14,000 sites with one form.

Adnetwork - Submit to 14,000 mirrored links sites.

Websitings - Submit to 10,000 Classifieds

E-Classifieds - Submit to over 10,000 Classifieds




#) BANNER EXCHANGE

Melakukan pertukaran banner (banner exchange) sebaiknya di lakukan dengan beberapa trik agar anda tidak mengalami kerugian. 1) pastikan kalau target dari banner generator yang ada di situs anda menggunakan atribut target "_blank" agar pengunjung situs anda tidak meninggalkan situs anda saat melakukan klik pada banner yang terpasang di situs anda. 2) tempatkan kode banner generator dari situs pertukaran banner anda di bagian bawah halaman web anda, agar tidak memperlambat akses loading halaman situs anda. Paling tidak biarkan halaman situs anda berhasil di load semuanya dan baru banner yang ada di bagian bawah halaman web anda menyusul untuk di load.
Beberapa Layanan Banner Exchange Nasional yaitu :
http://www.xaxaweb.com
http://www.bannerindonesia.com
http://www.indobanner.co.id

#) LINK EXCHANGE

Prinsip kerja link exchange sama dengan banner exchange. Perbedaanya adalah disini tidak di perlukan banner. Cukup dengan URL atau Link saja. Jika mengikuti link exchange mendaftarlah pada link exchange sepeti trafiic generator yang ada di
http://www.startblaze.com/

#) E-MARKETING ke MAILING LIST / SAFELIST
Berpromosi lewat e-mail merupakan salah satu sarana beriklan yang efektif karena setiap orang yang pernah atau bisa mengakses internet pasti punya e-mail. Hanya saja saya tidak menyarankan anda melakukan promosi secara sembarangan dengan mengirim e-mail iklan ke setiap alamat e-mail yang anda ketahui padahal anda tidak kenal orangnya. E-mail seperti itu adalah email Spam dan jika ketahuan e-mail anda akan di black list. Cara yang legal untuk berpromosi mengunakan sarana email adalah berpromosi lewat mailing list yang memperbolehkan anda beriklan di milis tersebut. Mailing list seperti itu banyak sekali jumlahnya dengan rata rata satu Milis memiliki anggota 100 orang lebih.Anda bisa mencari Mailing list jenis ini di
http://groups.yahoo.com dengan memasukan kata "iklan" di form search.
Milis atau Safelist adalah kelompok email address dari orang-orang yang bergabung dan setuju untuk menerima email dari anggota lain dan mengirim email ke anggota lain. Setiap member safelist memiliki dan membutuhkan sebuah atau lebih produk dan jasa atau bertukar informasi. Mereka paham tentang dunia bisnis khususnya bisnis online. Sehingga mereka juga adalah calon konsumen potensial bagi bisnis anda .


Sekali lagi anda bisa mencari groups-groups milis di http://groups.yahoo.com

#) E-ZINE / BULLETTIN

Ezine adalah bullettin online yang menyebarkan berita,ilmu pengetahuan dan berbagai macam topik lainnya yang dilakukan pemilik ezine atau antar sesama anggota yang telah subscribe atau bergabung di dalamnya. Mungkin cara kerjanya hampir sama dengan milis, hanya bedanya di ezine di lakukan dengan lebih profesional dengan aturan yang lebih ketat dan setiap bulletin yang di kirim atau di sebar ke setiap email anggotanya merupakan informasi yang betul-betul berharga dan bukan sekedang email iklan belaka.
Contoh situs ezine yang bergerak dalam hal penerbitan Ezine secara umum tentang binis online dan peluang usaha online adalah promolis.com .

Anda dapat mengunjungi dan subscribe di: http://bulletin.promolis.com

#) SIGNATURE FILE

Signature File adalah sebuah "Resources Box" yang terdapat pada bagian bawah sebuah e-mail yang akan ikut terkirim secara otomomatis saat anda mengirim sebuah e-mail. Signature File bisa di buat pada semua e-mail client dan anda bisa memanfaatkannya untuk mengiklankan Situs Anda.Signature File biasanya berisi semacam iklan baris pendek yang berjumlah kurang dari 8 baris. Jika anda memiliki sebuah Situs Web anda bisa membuat sebuah Signature File seperti contoh berikut :

-------------------------------------------------------------------

Joko Setiawan Setyawan_on7@yahoo.com

Panduan mencari uang di internet http://www.bisnis-jutaan.cjb.net

-------------------------------------------------------------------

#) GUESTBOOK

Tinggalkan pesan di Guestbook. Jika anda mengunjungi sebuah situs yang memiliki fasilitas guestbook, jangan lupa meninggalkan pesan di sana lengkap dengan alamat e-mail dan URL situs anda. Pesan atau iklan anda akan di lihat oleh penggunjung situs yang lain dan juga oleh pemilik situs tersebut.#). MESSAGES BOARDTinggalkan pesan di messages board. Jika anda mengunjungi sebuah situs yang memiliki fasilitas messages board, jangan lupa meninggalkan pesan atau iklan di sana lengkap dengan alamat e-mail dan URL situs anda. Pesan atau iklan anda akan di lihat oleh penggunjung situs yang lain dan juga oleh pemilik situs tersebut.#). VIRAL MARKETINGViral marketing adalah konsep marketing yang meniru kerja virus komputer yang bisa bekerja sendiri, menyebar dengan cepat dan secara otomatis menginfeksi jutaan komputer di seluruh dunia. Itulah sebabnya viral marketing juga di namai dengan traffic virus. Bedanya jika virus komputer sangat merugikan bagi pihak yang terkena maka viral marketing justrus sama-sama menguntungkan baik oleh orang yang menyebarkannya dan juga oleh orang yang terkena traffic virus ini yang juga akan dengan senang hati menyebarkannya. Viral marketing atau traffic virus merupakan konsep "win win solution".Konsep dasar Viral Marketing adalah mengijinkan orang lain untuk mengunakan produk Anda secara gratis dan selanjutnya pengguna produk anda tersebut anda perbolehkan atau kalau perlu Anda minta untuk memberikannya ke orang lain dan seterusnya secara berantai dengan maksud untuk melipatgandakan pemasaran anda lebih cepat melalui internet. Ide di belakang viral marketing adalah dengan mengikutsertakan iklan anda pada produk gratisan anda yang bisa dimiliki atau dipakai orang lain yang juga akan dengan senang hati akan menyebarluaskannya ke orang lain.
Dengan viral marketing promosi terjadi secara otomatis bahkan tanpa sepengetahuan Anda. Contoh Viral marketing adalah e-Books, e-post card, free stuff, affiliate, downline, software komputer dan game, iklan baris jaringan, dan artikel.



Ebook "Strategi E-mail Marketing"

Download Gratis Disini