31.12.08

Modul #5


Program Affiliate Indowebmaker


PERLAKUKAN BISNIS ONLINE ANDA
SEPERTI BISNIS OFFLINE


Tidak masalah peluang bisnis mana yang anda pilih, anda harus memperlakukan nya sebagai bisnis nyata (real business/offline business). Sebagaian orang tidak bersungguh-sungguh menjalankan bisnis onlinenya karena mengalami kemandegkan atau kegagalan. Mereka berpendapat apabila berbisnis tidak mempunyai ruang kantor atau karyawan, mereka tidak bersubgguh-sungguh menjalankan bisnisnya.

Produk yang anda pasarkan ke online/internet sasarannya adalah kustomer riil. Buktinya penghasilan yang anda peroleh adalah uang tunai riil.

Semakin serius anda menjalankan bisnis ini,
semakin banyak uang yang anda hasilkan

Misalnya, jika anda seorang affiliate markerter, dan anda mengirim barang tidak secara fisik, anda berarti sedang menjalankan bisnis. Kenyataannya, anda menjalankan bisnis referral.

Jadi, pendekatan yang mana yang anda kira akan menghasilkan uang lebih banyak ?
  1. Mempromosikan beberapa program affiliate pada waktu luang anda.
  2. Membuat sebuah website dan list opt-in, berkomunikasi dengan prospek (calon pembeli) dan menghabiskan 10 jam per minggu untuk mempromosikan program affiliate anda ?
Pendekatan #2 jelas akan menghasilkan income riil, karena anda bekerja dari prinsip-prinsip yang sama semua bisnis: memberikan pendidikan, komunikasi, dan jasa.

Akhirnya, jika anda ingin memulai bisnis yang serius, maka anda perlu membuat perencanaan bisnis (business plan) untuk menjelaskan tujuan dan strategi anda yang meliputi:
  • Kemana anda akan menjalankan bisnisnya.
  • Bagaimana cara anda mencapai tujuannya.
  • Berapa lama anda akan menjadi sukses.

Ini adalah apa yang disebut dengan "Master Plan"...